Kamis, 18 Agustus 2011

THR Bude Sayur


"Bu, sini..." panggil bude sayur, begitu saya sering menyebut perempuan penjual sayur keliling.

Saya heran. Jual beli dengannya sudah selesai. Ada perlu apalagi?
Olala...ternyata dia memberikan sebuah bungkusan. Ingatlah saya akan tradisi tukang sayur di sini. Memberi THR kepada pelanggannya.

Ini adalah kali pertama, saya diberi THR oleh bude sayur. Walaupun sebenarnya saya sudah mengalami tiga lebaran di sini. Lebaran pertama, saya belum tahu tradisi ini. Maklum, waktu itu, saya baru beberapa bulan tinggal di rumah baru. Lebaran kedua, saya tidak menerima, namun tetangga depan rumah mendapatkan THR darinya. Tak ada prasangka. Saya tahu diri. Tak setiap hari, saya belanja pada bude sayur. Kadang, saya meluangkan waktu ke pasar sendiri. Jadi, belanjanya hanya sedikit, kalau ada yang kurang-kurang saja. Berbeda dengan tetangga saya. Dia selalu belanja. Bahkan, tiap hari pesan sesuai dengan menu yang akan dimasaknya. Semuanya lengkap, terdiri dari sayur, lauk, serta bumbunya. Oleh karena itu, saya heran. Kenapa saya mendapatkanny? Padahal, saya masih tetap tak setiap hari belanja padanya. Bahkan, beberapa waktu ini, saya sering belanja di tukang sayur, yang mangkal di dekat sekolah anak saya. Sehabis mengantar, saya sekalian beli di sana.

Saya terkaget lagi begitu melihat isinya. Daster panjang merk terkenal dari kota batik. Bukankah harganya cukup lumayan? Berapa sih keuntungan yang diambil tukang sayur? Mungkin hanya ratusan sampai seribu tiap satu ikat sayur. Pun masih menanggung resiko bila jualannya tak habis hari itu juga. Tapi, dengan keuntungan minimal itu, mereka memikirkan untuk 'balas jasa' kepada para pembelinya, dengan memberikan hadiah lebaran.

Iseng, saya bertanya kepada seorang tetangga yang sering bantu-bantu di rumah.
"Bude sayur belanja di mana untuk THR ini, ya?"
Saya berharap, jawabannya adalah belanja ke sebuah pasar grosir, sehingga harganya menjadi lebih murah.
"Oh, ambil dia beli dari bu itu, Bu."
Rupanya, tetangga saya tahu, bahwa bude sayur membeli barang-barangnya dari tetangga lain yang menjual aneka barang kebutuhan. Dan, bisa dicicil.
Saya jadi berpikir, apakah barang-barang hadiah ini pun dibelinya dengan cara kredit? Rasa kasihan muncul. Dan itu membuat saya terdiam.
"Ya, nggak papa to, Bu. Kan dia juga udah bathi selama setahun." Seolah bisa membaca pikiran saya, tetangga saya menjelaskan.
"Iya, sih.."
Setelah itu, Bude cerita, bahwa semua pelanggan diberi THR dengan aneka barang.. Ada panci, penggorengan, kain, atau baju. Wow! Barang dengan harga lumayan semua.

Sebenarnya, tradisi tukang sayur memberi THR bukanlah pengalaman pertama. Waktu di rumah lama, tukang sayur di sana juga membagi hadiah. Namun, tidaklah semahal sekarang. Biasanya 'hanya' gula pasir setengah kilo, atau tepung terigu, saja. Tentu saja, nilai THR bukanlah dilihat dari harganya, tapi dari keikhlasan. Namun, membayangkan daster, juga panci dan barang lainnya, mengisi kereta sayur yang didorongnya setiap hari, membuat saya terharu melihat keseriusan bude sayur dalam membalas jasa para pelanggannya. Hanya sebuah doa yang akhirnya terucap, "Semoga kebaikan hatinya ini membuat usahanya berkah. Amin."

****
Tulisan ini dikutkan dalam lomba "THE UNTHINKABLE THINGS AROUND US"
Saya tertarik mengikutinya, karena tema seperti ini sering berputar-putar dalam otak saya. Bahkan tema seperti yang dicontohkan dalam MP mba Darnia, pernah saya tuliskan dalam bentuk cerpen anak, dan dimuat di Mombi SD.

Sesungguhnya, orang-orang yang sering 'tidak dianggap' itu sangat besar jasanya pada kita. Seharusnya kita berempati dan menghargai mereka.

20 komentar:

  1. wah tradisi yang menarik sekali an...

    uni baru sekali ini dengar tradisi ini...

    subhanallah, mudah2an bude sayur itu banyak rejeki nantinya yaaa...

    BalasHapus
  2. di kampung saya sudah jamak yg seperti ini mb Aan
    ibu saya selalu dapet dari tukang sayur, sampe' toko bangunan
    pdhl kalau mau ngitung, berapa kali siy ibu saya belanja di toko bangunan ? :-D
    paketnya pun lengkap, dapet mukena, piring sampe' kue lebaran dan sabun cuci

    BalasHapus
  3. Amin...iya, Ni, aku juga baru tahu pas di semarang.
    mba shanty, toko bangunan ngasih juga, mbak. Tapi kalau dalam waktu deket ramadan ini kami belanja ke dia. paket komplit, kue sirup ma sarung, ckckck...tapi, kalau nggak belanja, ya nggak ngasih kayaknya hihi...

    BalasHapus
  4. wah baru tau deh An, ada tradisi gini. semoga rezeki mereka ditambahkan Allah ya

    BalasHapus
  5. Semoga Allah menambahkan rezeki utk bude sayur. Amin

    BalasHapus
  6. Jangan lupa kirim ke email artikel ini dalam bentuk file doc. Ya, Mba

    Terima kasih sudah ikut berpartisipasi

    BalasHapus
  7. Amin...amin...makasih ya mba Nita,Dee :)

    BalasHapus
  8. mba Darnia@ Iya, mbak...tadi setelah posting udah saya emailkan, semoga sampai dengan selamat dan tidak masuk spam :)

    BalasHapus
  9. waa...belum pernah ketemu yang model begini. keren ya, mba :)

    BalasHapus
  10. permisi...blog walking. aku baru tahu ada tradisi seperti ini :) thanks for sharing!

    BalasHapus
  11. ikut mengaminkan... luar biasa ya, mbak... tapi mungkin dari situ jugalah rejekinya jadi lancar...

    BalasHapus
  12. Cara merawat customer yang diperlakukan lumayan bagusss...
    Tapi memang kalo ngeliat dia sendiri usahanya dengan "ngutang" gitu ya kasihan yakk...

    besuk2 lagi kasih saran aja mBakk, buat tahun depan kudu dibelanjain di grsiran dgn cara tiap buan ya nyisihin kalo gak mau ngutang..

    eh tapi gimana nasib yang diutangin juga yakk, duhhhh ini dilema ato simbisosi mutualis sihh..? mbuhlahh.. #malahmbingungidhewe hihi

    BalasHapus
  13. Semoga Alloh tambah rizki bude sayur ya :)

    bapak-ibu juga ngasih thr ke pelanggannya, kebetulan kami punya warung kelontong, yah ga banyak sih, diambil dari dagangan :)

    BalasHapus
  14. Di Palembang (rasanya) gak ada yg kayak beginian, baru tahu. Kaget! :)

    BalasHapus
  15. Yayan@iya, Yan..aku tahunya setelah di semarang.ga nyangka yah..
    mona@amin...amin...makasih :)
    Om Trie@nah lho. pegangan. ntar jatuh wkwkwk...tapi iya, nih penasaran cara dia beli barang2nya hihi...mau nanya2 lagi, ah. moga2 aja nggak membebani
    mba Rinda@iya, mbak. keajaiban sedekah.
    aranolein@sama-sama,mba :)
    Ayanapunya@iya, Mbak. cara jitu menarik pelanggan :)

    BalasHapus
  16. makasih aan, cerita yang sangat menggugah

    BalasHapus
  17. hebat itu bude tukang sayurnya.. semoga berkah ya.. sama di semarang tukang sayur juga kasih mama thr.. lucu aja, padahal mama juga kasih tukang sayurnya thr.. jadi saling tukeran.. itu tradisi cuma ada di jateng kan?

    BalasHapus
  18. Baca tulisan ini,saya jadi inget bakul belanjan di deket rumah.
    Setiap tahun selalu kasih telur 1 baskom plastik gede.ntah ada berapa kilo.
    Awalnya saya sempet kaget juga karena di daerah asal saya (surabaya) ga pernah ada tradisi seperti ini.
    Btw, selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak. mudah-mudahan kalo Bina Insani pas bikin acara,kita bisa ketemuan ya? ;)

    BalasHapus
  19. Kayaknya tradisi semarang ya, MBak Tin. Ada teman yang di daerah Ngaliyan, juga bilang adat ini ada di sana. bener juga ibu mba Tintin yak, memberi barang juga kepada tukang sayur :)
    Mbak Ida@selamat puasa juga, Mbak :) Iya yah, kapan kita ketemuan. Mba suka nganter putrinya ga? Kalau saya tiap hari antar jemput, sih.Jangan2 kita suka papasan hihhi...klo ada ibu2 pake vario biru,helm juga biru,anaknya pake jaket kuning (hanya itu yg mau, ga mau jaket lain) sapa aja, Mbak. Kali aja itu saya ;))

    BalasHapus