Minggu, 14 Agustus 2011

Naskah Pemanasan :)

Alhamdulillah, ada naskah dimuat di Mombi :)
Dikabari adik, yang udah duluan beli Mombi. Setelah itu, saya cari2 di lapak, bahkan sampai ke togamas, kok Mombi ini belum ada. Weih... Alhamdulillah, pas belanja, nemu deh majalahnya (tinggal satu-satunya). Shofie langsung seneng karena ada bonus gasingnya :)

Naskah ini adalah satu naskah pemanasan yang saya buat beberapa bulan lalu. Naskah pemanasan? Ya, salah satu tips ala saya bila lama tak menulis, sehingga ketika mau mulai lagi rasanya aras-arasen adalah melakukan pemanasan. Dan inilah salah satu kisahnya :d

Beberapa waktu lalu, selama kurang lebih dua bulan, waktu, tenaga, dan pikiran benar-benar terkuras. Pulang pergi Semarang- Magelang- Yogya berkali-kali, karena Rama sakit. Sampai Allah berkehendak menghilangkan rasa sakit beliau untuk selamanya.  

Setelah itu, walaupun aktifitas sudah berjalan normal di rumah, tapi tetap belum bisa langsung mulai nulis seperti sedia kala. Untuk membangkitkan atau membiasakan diri kembali adalah menulis cerita pendek (cernak pendek sekali) atau menuliskan kisah keseharian yang ringan-ringan saja.

Beberapa hari (hampir seminggu lebih) saya hanya menulis seperti itu. Sekedar ngisi blog, corat coret, balas email (bukan balas asal, tapi mengutarakan pendapat gitu deh), dll. Selain itu, juga tetep berusaha 'nembak' media. Nah, salah satu media 'sasaran' saya adalah Mombi. Cernak di sana tak perlu panjang-panjang. Cerita berima 100 kata juga bisa, deh. Dalam kondisi seperti ini, sehari dapat satu cernak juga sudah lumayan. Toh bukan kuantitas yang diperlukan di sini, tapi melemaskan jari dan mencairkan otak.  (Ehya, kadang beberapa naskah pemanasan ini kualitasnya kurang sih, hehe... Makanya ga pernah dimuat. Suka tersadar kalau jelek, saat baca ulang lagi )

Saat itu, saya nulis beberapa cernak, dan semuanya saya kirim ke Mombi. Sampai malu sama Pak Firdaus, hampir tiap hari kirim cerita hihihi...  "Ketika Aku Sakit", adalah salah satunya. Dan inilah cernak yang pertama saya buat. Lama di rumah sakit membuat ide ini muncul.

Cerita ini tidak 'murni' cernak fiksi, namun banyak pengetahuan yang ingin saya sampaikan. Misalnya istilah opname, infus, suster, dan lainnya, sesuai misi Mombi sebagai majalah pengetahuan. (Hemm... walaupun begitu semoga tidak tergolong cerita yang 'pinjam mulut orang dewasa' hehe...)

Alhamdulillah, nyanthol di Mombi edisi khusus Lebaran. Eh, majalahnya bagus, lho. Bonusnya banyak. Ada gasing, kartu lebaran yang dibuat sendiri (Shofie udah langsung bikin), tas dari kertas. Lembar aktifitas di dalamnya juga banyak. Mewarnai, labirin (Shofie paling suka), matematika juga. Yuk ah, dibeli..dibeli..hihihi..

Psstt...
Ada cerita lagi nih.
Ketika bersama Shofie buka-buka Mombi, dan sampai di cerita 'Ketika Aku Sakit', saya bilang padanya, "Dik, tulisan Mama, nih. A-a-en, Aan, namanya Mama, kan?"
"Yang bener?" katanya sambil membelalak. (Lagi demen banget pake kata-kata itu. Entah dapat darimana..)
"Iya,,,"
"Emangnya Mama nulis? Mama kan jualan buku?"
Gubrak!

Beberapa saat kemudian, dia ngambek, "Kok nggak ada nama Shofie?"
"Ya, udah tulis aja sendiri," Mama ngasal jawab.
Eh, untung jawaban ngasal itu manjur untuk mendiamkan kerewelannya. Langsung dia tulis namanya di bawah nama Mama. Kelihatan kan di scan-an itu? Hehe...




19 komentar:

  1. Wkwkwk.. Kirain itu bagian dr ilustrasi ceritanya mbak..

    BalasHapus
  2. Hehe.. Lama gak keliatan, Mbak?

    Mm, togamas semarang apakabar? Tembalang ada togamas baru kan, ya?

    BalasHapus
  3. @dieend, hihi.. biar ga narsisnya aja yang kelihatan, posting pas ada yang dimuat.kalau gini kan ada ceritanya, dan moga manfaat :d
    tofan, ho oh ni, lama ga posting2. togamas baru di Tirto Agung, arah mau ke Al Azhar. Mayan, deket dari rumah, tapi ya kalah besar ma togamas yang di Bangkong.

    BalasHapus
  4. selamat ya mbakyu...shofie makin pinter deh :)

    BalasHapus
  5. selamat, mbak... atau kalau ngirim lagi minta ditulisnya: mama shofie, mbak... hehehe

    BalasHapus
  6. Emil@makasih...amin...kan tambah gedhe tante, banyak akalnya:)
    mba Rinda@qiqiqiq...biar ga protes yak, dan seneng klo ada namanya. Tapi, nanti aku ga terkenal dong, Mbak :))

    BalasHapus
  7. selamat ya Aan :)
    welcome back, An, abis pemanasan sebentar pasti bisa langsung ngebut niih,hihi udah kangen karya2nya Aan

    BalasHapus
  8. Makasih mbak Nita :)
    Hihihi..doakan ya, Mbak :)
    Mbak Nita juga jarang kelihatan nih..

    BalasHapus
  9. Makasih banyak mbak Nita
    Hehehe...itu pemansan pan Juni, lalu, Mbak :)
    Sekarang udah mulai 'biasa' lagi. Biasa malas2an hihihi..

    BalasHapus
  10. Hai Fe, lama ga saling sapa, yak. Makasih :)

    BalasHapus
  11. ngiri.com. tulisan 'ngasal' tapi nyangkut di MOMBI. duuuuh, itu sih bukan ngasal sih Mbak. beda banget ya kalau yang nulis udah terlatih, ngasal aja nyantol...hihihihi. welcome back Mbak. hug.

    BalasHapus
  12. Mbak Novi, satu nyanthol dari sekian banyak yang dikirim hihih..Makasih, Mbak :)

    BalasHapus
  13. pengen nyoba juga masukin ke majalah, tp ya gitu deh, suka ga konsisten kalo mo nulis..

    BalasHapus
  14. Hihihi...iya, Mbak. Emang paling susah kata satu itu 'konsisten'. Dalam segala hal kalau saya mah, ga hanya nulis hihi...

    BalasHapus
  15. Waaaa....sip-sip-sip....karyanya dimuat lagi nih...
    selamat ya, Mbak...? Hehe....

    BalasHapus
  16. Nina@apa kabar?lama ga kelihatan....alhamdulillah :)
    mba Kuma, makasih (lagi) hihi

    BalasHapus
  17. :) Kabarnya baik, Mbak... Iya, nih, kelamaan ngumpet kayaknya, hehe...

    BalasHapus